How To Create 'Self Love'? (Bagaimana Mencintai Diri)

Masih dengan mencintai diri. Bagaimana sih mencintai diri yang tepat? Mari kenali aspek Self Love. Dari situ, kita akan tahu bagaimana welas asih (sayang) pada diri kita. 


Ada empat aspek yang membangun Self Love

1. Self awareness

Artinya kesadaran terhadap diri sendiri. Kesadaran diri akan sudut pandang atau pikiran diri terhadap suatu hal. Dari kesadaran diri, maka seseorang bisa memutuskan hal yang terbaik untuk dirinya. Sehingga terhindar dari rasa penyesalan, namun mendapatkan kenyamanan untuk diri. Arti peduli terhadap diri sendiri, adalah mengetahui diri dalam menanggapi setiap kejadian, misalkan konflik. Sehingga bagaimana diri dalam mencari solusi, pengambilan keputusan yang tepat untuk dirinya, tidak membuat tambah celaka.


2. Self worth

Menjadi berharga. Berharga disini adalah meyakini. Diri sendiri sejak lahir sudah menjadi istimewa. Tidak perlu melakukan apapun, mencapai target tertentu, bangkit dari keterpurukan, diri sudah tentu BERHARGA. 


3. Self esteem

Self worth beriringan dengan self esteem. Self worth memiliki arti berharga. Maka setelah meyakini diri berharga, selanjutnya adalah menghargai (esteem). Bukti dari menghargai adalah membuat dirinya berarti dengan melakukan suatu hal. Disebutkan bahwa, ketika seseorang yang self worth-nya bagus, maka bisa mewujudkan self esteem. Berharganya seseorang atau individu akan lebih sempurna ketika mengetahui diri dalam suatu posisi atau keadaan, maka diketahui bahwa diri seseorang adalah berharga. Apapun yang kita raih, baik di puncak atau masih dalam tahap awal, pastikan menghargai atas pencapaian diri tersebut.


4. Self care

Bentuk-bentuk nyata dari aspek yang lain (di atas). Wujud diri berharga, maka seseorang akan menunjukkan semua potensi, atau melakukan hal-hal yang bisa dilakukan. Bukan berarti dengan standar tertentu. Namun diri ini sudah mengetahui bagaimana untuk mewujudkan sesuatu yang terbaik menurut diri sendiri. Seperti melakukan me time, mengusahakan sebuah tujuan (ex: belajar untuk kemudahan tes masuk kuliah, kerja), menonton untuk refreshing. Atau hal-hal yang membuat diri lega atau bebas dari tekanan.


Sekian keempat aspek dari Self Love. Mencintai diri adalah membangun diri, mendisiplinkan diri, membereskan diri. Namun bukan berarti tidak peduli dengan sesama atau lingkungan sekitar. Justeru, ketika diri sudah utuh (memahami, mengerti), disiplin, maka kebutuhan atau hubungan dengan orang lain akan berkualitas. Ketika diri sendiri nyaman, maka kenyamanan itu akan sampai atau ikut dirasakan orang lain. Self Love bukan berarti Selfish ya! Mencintai Diri bukan berarti egois, iye kan. Meningkatkan kualitas diri bukan untuk menjatuhkan orang lain, tapi untuk mengajak orang lain atau memantaskan diri untuk bersanding dengan orang lain. Lantas berjalan bersama. 


Sumber:

http://yayasanpulih.org/2020/06/self-love-dan-aspek-aspeknya/

https://psychology.binus.ac.id/2020/02/27/4-aspek-self-love/


Next, Self Love: Bagian dari Saleh Individu sekaligus Saleh Sosial.

mixtamag.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Kesetaraan Dari Abi Quraish Untuk Pasangan Suami Istri

Pengalaman Saya Menjadi Perempuan

Profesor Grafton